Minggu, 23 April 2017

Empat dasar utama sifat manusia


Aku ingat betul saat ujian ada pertanyaan tentang sifat dasar utama manusia, aku mah salah ngisinya pas habis ujian ku coba buka di mbah google.  Ternyata ini jawabannya.  Kalau ga salah pas semeter 5 tentang prilaku keorganisasian, tapi aku ga lupa sama dosen yang mengajar mata kuliah tersebut yaitu: Drs. Totok Danangdjojo. M.M .  

Maaf rada lupa di bilang pikun juga nggak ko, he

Nah inilah jawaban yang tepat.

Sebuah teori mengatakan, karakter manusia terbagi atas empat dasar utama, koleris, plegmatis, sanguinis, dan melankolis. Familiar dengan keempatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Koleris

Mungkin orang dengan karakter inilah yang mampu menjadi pemimpin. Sifat dasar seorang koleris ialah tegas terutama dalam hal mengambil keputusan. Kesannya bukanlah seperti diktator tapi lebih ke sifat yang pantang menyerah dan mampu mengatur orang di sekitarnya. Bagi seorang koleris, pepatah yang mengatakan ‘tidak ada yang mungkin di dunia ini’ bisa jadi pedoman yang kuat. Kenyataannya mereka gemar berpetualang, mencoba tantangan baru, dan melakoni kehidupan bak seorang cendikiawan. Keoptimisannya mampu mengantarkan mereka menuju kesuksesan.

2. Plegmatis

Umumnya, plegmatis adalah orang yang cinta damai. Mereka lebih baik mengalah untuk menghindari konflik. Banyak dari tipe seorang plegmatis yang disukai oleh mereka yang berkarakter berbeda, salah satunya adalah toleransinya yang tinggi. Makna toleransi di sini mungkin sedikit berbeda, mereka cenderung tidak mempunyai tujuan sehingga merasa lebih aman jika mengikuti pendapat orang lain. Seorang plegamtis bisa dikatagorikan sebagai pendengar yang baik dan dikenal lebih sabar dalam menghadapi suatu masalah.

3. Sanguinis

Kekuatannya dalam bergaul menjadikan seorang sanguinis memiliki banyak teman. Senang menjadi pusat perhatian maka tak jarang seorang sanguinis populer di kalangan masyarakat. Mereka pintar dalam mencairkan suasana, terutama bila bertemu dengan orang baru Walaupun terlihat selalu bahagia, nyatanya emosi sanguinis terbilang labil. Terkadang mereka bisa merasakan emosi yang meluap-luap, kadang pula ia merasakan kesedihan yang mendalam.

4. Melankolis

Melankolis ternyata punya bakat menjadi seorang perfeksionis yang mengharuskan sekelilingnya tampak sempurna. Karakter ini menginginkan semuanya terencana dan berjalan sesuai dengan aturan. Ciri-ciri melankolis dapat dikenali lewat barang-barangnya yang tertata rapi karena mereka sangat menghargai estetika. Tidak banyak bicara, tetapi sekali berpendapat sangat tajam menggambarkan akarakter melankolis yang penuh analisa.



Termasuk sifat manakah anda ?



Selamat membaca, semoga bermanfaat ya...



http://www.kompasiana.com/marisaaryani/empat-sifat-dasar-manusia-tipe-yang-manakah-kamu_54f9646aa33311ed068b4f91

1 komentar:

  1. Baccarat Rules for Every One - FBCasino
    When a 카지노사이트 player enters the table, the dealer will not know 바카라 사이트 whether they have won or not. The 제왕 카지노 game is played according to rules according to rules

    BalasHapus